Jumat, 29 November 2013

Cara Pesan di Rakuten

assalamualaikum,,

kalian para penggemar JKT48 pasti tau kalo Rakuten.co.id adalah partner JKT48 untuk urusan penjualan online merchandise-merchandisenya..
disini saya akan memberi sedikit tutorial tentang belanja di toko online yang berbasis di Jepang tersebut..
guna membantu yang belum pernah belanja online atau kurang yakin atas pelayanan Rakuten.

Langkah-langkahnya:

1. Registrasi Member Rakuten (Untuk mempermudah pemesanan)
2. Pilih Merchandise apa yang ingin dipesan (disini saya contohkan 'JKT48 Fortune Cookie T-Shirt)
3. Isi atau sesuaikan informasi/keterangan profil kamu
4. Pilih metode pembayaran-nya (disini saya contohkan melalui transfer BCA)
5. Dan silahkan Pesan
6. Tunggu e-mail konfirmasi dari auto-reply-nya Rakuten.co.id seperti ini

7. Silahkan lakukan transfer bank-nya, jangan lupa untuk tidak membuang struk bukti transfer kamu.
8. Tulis e-mail balasan ke alamat e-mail toko tersebut (bukan di reply) (disini saya contohkan order-support@rakuten.co.id)
9. Tulis persis seperti apa yang diperintahkan Rakuten.co.id dan kirim ke alamat e-mail yang dituju.
10. Setelah mengirim e-mail tersebut, tunggu paling lama 1 jam dan akan muncul e-mail balasan seperti ini

11. Tunggu lagi e-mail berikutnya yang berisi bahwa Rakuten.co.id telah memesan kepada 'toko' JKT48.
12. Selanjutnya tinggal menunggu shipping atau keberangkatan dari Item yang kita pesan tadi. Pada hari selanjutnya, Saya menerima e-mail sebagai berikut:
13. e-mail diatas menandakan bahwa pesanan kamu sudah berangkat (hihihi)
14. Kedatangan item yang kamu beli tergantung pada pelayanan JNE, pengalaman saya 2 hari menunggu, barang sudah sampai dengan selamat di Karawang.


YANG HARUS DIPERHATIKAN:
*Struk Transfer BANK Jangan sampai hilang
*Alamat kamu harus jelas
*Bayar sesuai tarif JNE agar tidak membingungkan Rakuten.co.id
*Tarif JNE sudah dikalkulasi dari Rakuten.co.id menurut alamat yang kamu cantumkan pada profil member rakuten.

Demikian sedikit info / tutorial dari saya tentang berbelanja di Rakuten.co.id
Sistem konfirmasi e-mail di Rakuten di semua tokonya pada dasarnya sama namun mungkin berbeda kata-kata.

Terima Kasih telang berkunjung!
Bila ada pertanyaan silahkan komen atau PM ke akun Google+ saya...


2 komentar:

Blogroll